Selain biosekuriti, vaksinasi pada unggas merupakan tindakan pencegahan terhadap serangan penyakit. Vaksindengan adjuvant “Hercules” mampu meningkatkan respon imun dan lebih aman bagi ternak. Vaksin “Hercules” menjadi inovasi vaksin generasi terbaru saat ini
Kesehatan ternak merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam usaha perunggasan. Hal ini perlu dilakukan agar produktivitas tetap terjaga. Selain itu, perlu dilakukan pencegahan agar ternak tidak mudah terserang penyakit. Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan program vaksinasi rutin dan biosekuriti yang ketat. Tujuan utama pemberian vaksinasi pada unggas adalah untuk memberikan perlindungan terbaik dalam mencegah serangan penyakit. Keberhasilan vaksinasi didukung oleh beberapa faktor, salah satunya kualitas vaksin. Vaksin yang baik adalah vaksin yang dapat menstimulasi respon imun pada tubuh unggas. Penambahan adjuvant pada vaksin dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh baik secara seluler maupun humoral. Pemilihan adjuvant perlu mempertimbangkan keamanan, kestabilan, cost-effectiveness, dan kemudahan penggunaannya.
Medion berkomitmen untuk terus berinovasi memproduksi berbagai macam produk berkualitas tinggi dan memberikan pelayanan terbaik bagi industri peternakan Indonesia maupun dunia. Bekerja sama dengan Pacific GeneTech, perusahaan bioteknologi terkemuka yang berdiri sejak tahun 2009, mengembangkan adjuvant “Hercules” yang dirancang agar vaksin mampu meningkatkan imunitas mukosa saat diberikan secara oral atau hidung, juga tetap efektif jika diberikan melalui suntikan.
Salah satu produk vaksin dengan adjuvant “Hercules” tersebut adalah vaksin Coryza dari Medion. Vaksin
Coryza dengan adjuvant “Hercules” mampu memberikan kekebalan humoral (sel B-limfosit) dan kekebalan seluler (sel T-limfosit). Sehingga kombinasinya dengan vaksin Coryza yang memakai adjuvant minyak akan bekerja sinergis dalam menghasilkan protektivitas maksimal, durasi imunitas lebih panjang, dan lebih aman. Produk ini akan mulai dipasarkan di Indonesia, kemudian ke pasar Internasional melalui distribusi yang dilakukan Medion. Hal ini didukung dengan pengalaman Medion yang telah mendistribusikan produknya ke lebih dari 20 negara di Asia, Afrika, dan Eropa.